Akta Kematian

Slamet Santoso 14 Juni 2016 12:55:46 WIB

PENCATATAN KEMATIAN (AKTA KEMATIAN)

Setiap kematian penduduk wajib dilaporkan oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) tempat penduduk tersebut berdomisili/ahli warisnya/keluarganya atau yang mewakili kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk kemudian diterbitkan Akta Kematian.

Akta Kematian Berguna Untuk :

  1. Bukti Sah mengenai status kematian seseorang sebagai dasar pembagian waris.
  2. Penetapan status Janda/Duda
  3. Pengurusan asuransi, pensiun, perbankan.

Persyaratan Pencatatan Kematian :

  1. Surat Pengantar dari Desa/Kelurahan yang diketahui oleh Kecamatan.
  2. Mengisi Formulir Permohonan Akta Kematian.
  3. Asli, Surat Keterangan Kematian atas nama termohon dari Desa/Kelurahan.
  4. Fotocopy Akta Kelahiran termohon.
  5. Surat Keterangan ahli waris dari termohon yang dikeluarkan oleh Desa/Kelurahan.
  6. Fotocopy Akta Perkawinan/Buku Nikah termohon.
  7. Fotocopy KTP termohon.
  8. Fotocopy KK termohon.
  9. Menghadirkan 2 orang saksi dan fotocopy KTP saksi
  10. Fotocopy KTP Pemohon.
  11. Semua Fotocopy dokumen yang diperlukan sebagaimana tersebut diatas dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

 

Batas waktu pelaporan 30 hari sejak tanggal kematian.

Pelaporan untuk pencatatan lebih dari 30 hari dikenai sanksi administrasi berupa denda.

Komentar atas Akta Kematian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri & Info


Silahkan datang ke Kantor Desa Tlahab untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Website Desa Versi-Android

Silahkan klik Gambar untuk unduh Aplikasi Website Desa Versi Android.

Galeri Video

Video Dokumenter SID Banjarnegara

Video Sosialisasi Dana Desa

Komentar Terkini

Lokasi Kantor DesaTlahab

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung